Jumat, 31 Januari 2014

Cisco packet tracert

Sawadee ka   

hello everybody .. kali ini saya akan posting dari penerapan VLSM postingan saya kemaren di cisco packet tracert, soalnya ini banyak permintaannya behehe
Okeyy ga perlu basa-basi langsung jasa kita menuju ketopik perbincangannya ..



1. Pertama kita buka aplikasi cisco packet tracretnya terlebih dahulu.
2. Lalu kita buat topologi dari router, switc, serta host/PC. Dan seperti inilah topologi yang telah saya rangkai sesuai dengan VLSM kemarin.
3. Pada hal ini saya hanya membuat 2 host dalam setiap ruang, yaitu untuk IP awal dan IP terakhir.

4. Setelah itu atur  untuk pembagian IP setiap hostnya. Klik pada host  => klik IP configuration => isikan IP dan subnet mask host tersebut.
5. Atur semua hotsnya sesuai dengan ruang dan networknya.

6. Jika sudah diatur hostnya, selanjutnya mengatur routernya. Dalam mengatur router ada dua cara yaitu secara Static dan RIP, pada kasus ini saya akan mengatur melalui RIP.
7. Klik router =>  pada config pilih RIP dan masukkan networknya lalu klik add. 
8. Selanjutnya klik router => pilih LCI.
9. Pada hal ini kita mengatur IP yang akan dikonekkan pada routernya.
10. Lanjutkan langkah tersebut sampai ruang terakhir.
11. Hasil topologinya bahwa semua sudah terhubung.


Sekian postingan saya pada hari ini ..
sekiat dan terimakasih 


6 komentar:

  1. ****
    mungkin terlihan konek, tp alangkah baiknya jika dilakukan pengujian seperti melakukan 'ping' misalnya. agar memperkuat hasil dari tutorial ini. .

    BalasHapus
  2. *****
    bagus yas, coba dikasih hasil tersambungnya yaa ... hehe

    BalasHapus
  3. ****
    bagus, sekedar masukan : sebelum mengkonfigurasi mungkin bisa ditampilkan IP mapping'nya dan pada gambar diberi keterangan lebih detail mana yg termasuk Management, Staf Umum, dan Administrasi. Good job... =D

    BalasHapus